Jumat, 04 Juni 2010

makalah penelitian bab 1

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Dalam dunia ekonomi salah satu kegiatan dari perusahaan dalam usaha untuk memperoleh laba adalah dengan melakukan penjualan, baik secara tunai maupun secara kredit. Pada dasarnya setiap bentuk badan usaha lebih menyukai melakukan penjualan secara tunai, mengingat adanya resiko atas tidak tertagihnya piutang pada penjualan kredit. Dimana penjualan tersebut tidak langsung menghasilkan penerimaan kas, melainkan menimbulkan piutang. Setelah piutang tersebut jatuh tempo, barulah dapat diakui sebagai kas.
Oleh karena itu piutang dagang harus dikelola dengan baik supaya tidak menimbulkan kerugian, tetapi sebaliknya dapat memberikan hasil yang optimal bagi perusahaan. Dalam hal ini perusahaan harus memperhatikan kebijakan penjualan kreditnya. Jika kebijakan penjualan kredit terlalu ketat akan memperkecil resiko tidak tertagihnya piutang, tetapi dapat mengurangi jumlah piutang. Sebaliknya, kebijakan penjualan kredit yang terlalu longgar akan memperbesar resiko tidak tertagihnya piutang, tetapi dapat menambah jumlah piutang. Salah satu cara yang paling akurat untuk menentukan jumlah taksiran piutang tak tertagih yang diinginkan adalah dengan analisa umur piutang. Berdasarkan metode ini taksiran piutang tak tertagih ditentukan dengan cara mengklasifikasikan piutang yang beredar ke dalam kategori jangka waktu piutang tersebut tertunggak. Selanjutnya, total tiap kategori dikalikan dengan persentase ketidak terkumpulnya piutang yang telah ditetapkan untuk setiap kategori umur piutang. Persentase tersebut ditentukan dengan mempertimbangkan pengalaman pengumpulan piutang pada periode-periode yang lalu.
Berkaitan dengan hal-hal tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dalam bentuk penulisan ilmiah yang berjudul : “ Analisis Kerugian Piutang Pada PT. House Of Saralee Cab. Pramuka Berdasarkan Metode Umur Piutang“.

1.2. Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam penulisan ilmiah ini adalah berapakah jumlah kerugian piutang pada PT. House Of Saralee Cab. Pramuka ?

1.3. Batasan Masalah
Batasan dalam penulisan ilmiah ini adalah mengenai analisis kerugian piutang pada PT. House Of Saralee Pramuka berdasarkan data penjualan bulan Januari sampai dengan Desember 2003.

1.4. Tujuan Penelitian
Untuk menghitung jumlah Cadangan Kerugian Piutang.
Untuk menghitung selisih jumlah piutang yang akan disajikan dalam neraca tahun 2003 setelah adanya penghapusan piutang dengan menggunakan metode cadangan dan langsung
1.5. Metode Penulisan
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam menyusun penulisan ini serta dalam memperoleh data ditempuh dengan jalan :

Studi lapangan ( Field Research )
Yaitu penelitian yang langsung dilakukan pada obyeknya, dimana dalam hal ini penulis melakukan dengan wawancara langsung dan observasi dengan mendatangi Koperasi yang bersangkutan.

Studi Kepustakaan ( Library Research )
Yaitu suatu penelitian dan pengumpulan data dengan cara mempelajari dan membaca buku serta literatur-literatur yang ada kaitannya dengan obyek penulisan.

1.6. Sistematika Penulisan
Dalam penulisan ini penulis menyusun ke dalam 5 bab, masing-masing bab secara garis besarnya adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Bab ini memberikan gambaran secara luas dan lengkap apa yang akan di muat dalam penulisan ilmiah yang berisi tentang : Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penelitian dan Sistematika Penulisan.


BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini penulis menguraikan mengenai teori-teori yang melandasi permasalahan-permasalahan yang akan dibahas dalam Penulisan Ilmiah, meliputi pengertian piutang, penggolongan piutang, pengertian analisis umur piutang, metode pengahapusan piutang dengan metode cadangan dan metode langsung.



BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Dalam bab ini menjelaskan keadaan intern perusahaan dimana dilakukan penelitian yaitu tentang sejarah singkat perusahaan, Struktur Organisasi dan Bidang Usahanya.

BAB IV PEMBAHASAN
Dalam bab ini menguraikan lebih jauh tentang analisa kerugian piutang berdasarkan umur piutang dan penyajiannya dalam neraca pada PT. House Of Saralee Cab. Pramuka.

BAB V PENUTUP
Dalam bab ini berisi kesimpulan dan saran-saran.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar